Proposal PI

Posted: Januari 7, 2013 in Oktober

Kata Pengantar

Bissmillahhirahmanirrahim

Puji syukur saya ucapkan kepada Allah swt, karena berkat rahmat, hidayah dan inayahnya saya dapat megnhadirkan sebuah proposal mengenai “Web Paint nad Drawing”.

Dimana web ini saya mengajak para pembaca  untuk mengetahui bagaimana cara mengajarkan menggambar dan mewarnai di internet secara mudah dan menyenangkan.

Saya berharap adanya proposal ini, orang tua ataupun saudara/saudari dapat mengajarkan menggambar dan mewarnai secara mudah kepada anak – anak di internet.

Akhirnya sebagai harapan saya semoga web ini berguna dan dapat bermanfaat bagi kita semua.

 

 

 

Tim Penyusun

Laporan Proposal Penulisan Ilmiah Web Drawing dan Painting

Disusun oleh :

Rizky Aditya Adiyatma (16110160)

UNIVERSITAS GUNADARMA

DEPOK

2013

HALAMAN PENGESAHAN

  1. Judul Kegiatan    : Membuat Web Drawing dan Painting secara omline

 

  1. Pelaksanaan Kegiatan

 

  1. Nama Lengkap          : Rizky Aditya Adiyatma
  2. NIM                              : 16110160
  3. Universitas                 : Gunadarma

 

                                                                    Depok, 7 Januari 2013-01-07

Menyutujui

Ketua Dosen Sistem Informasi

Pembantu Rektor Bidang

 

 

(                                   )                                                                                                  (                                   )

 

 

BAB I

Pendahuluan

Sudah menjadi kenyataan dan tidak dapat dipungkiri bahwa komputer mempunyai peranan penting didalam berbagai bidang, salah satunya adalah bidang pendidikan. Bidang pendidikan merupakan titik sentral dalam pembentukkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Pemerintah Indonesia telah menetapkan wajib belajar 9 tahun dimulai dari Sekolah Dasar (SD) selama 6 tahun dan dilanjutkan ke Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) selama 3 tahun. Pada umumnya seorang anak mulai sekolah ditingkat SD pada usia 6 tahun, namun kita juga perlu memperhatikan pendidikan anak-anak sedini mungkin yaitu jika anak sudah berumur 3 tahun dapat dimasukkan ke dalam Kelompok Bermain (Play Group) dan jika telah berumur 4-5 tahun dapat dimasukkan kedalam Taman Kanak-Kanak(TK).

Pendidikan anak pada usia dini sangat diperlukan karena pada tahap tersebut sistem pengajaran akan mempengaruhi tingkah laku dan pola berfikir anak. Rasa keingintahuan anak akan timbul jikala ia menemukan sesuatu hal yang baru dan ada kecenderungan ingin mencoba hal tersebut, pada saat itulah seorang anak perlu bimbingan yang tepat. Membaca dan menulis adalah satu hal yang sangat fundamental bagi seorang anak sebelum ia mempelajari hal yang lain.

Sampai sekarang media yang sering digunakan dan masih tetap dipergunakan adalah buku gambar dan alat mewarnai, selain dengan buku media televisi juga dapat dipergunakan. Ada beberapa acara televisi yang menyiarkan program untuk anak-anak dalam mengenal warna dan membuat pola – pola lukisan seperti acara Dunia Warna, namun salah satu kelemahannya adalah kita harus menyesuaikan waktu kita dengan jam tayang dan episode yang ditayangkan. Kita dapat memanfaatkan teknologi lain yang sedang berkembang pesat yaitu komputer. Perkembangan teknologi telah membuat mesin tersebut bukan hanya sebagai alat hitung dan pemprosesan data saja tapi juga dapat dipergunakan sebagai multimedia dan salah satunya dapat dimanfaatkan didalam dunia pendidikan.

Seorang anak bisa Mewarnai, menulis dan Menggambar dapat lebih interaktif dengan menggunakan komputer. Gambar yang ditampilkan dapat lebih menarik jika dibandingkan dengan hanya menggunakan media buku atau papan tulis. Oleh karena itu penulis mencoba membuat web program yang dapat dipergunakan sebagai sarana untuk pembelajaran anak-anak didalam mengenal kesenian . Didalam web ini selain gambar yang dinamis yang disertai animasi juga menggunakan musik dan efek suara yang dapat memberi contoh kepada pengguna (user) dalam menyebutkan sebuah warna. Dan secara tidak langsung anak mulai diperkenalkan dengan komputer dan cara penggunaannya, seperti ia dapat menggerakkan mouse, meng-klik tombol mouse ataupun mengetahui letak tombol-tombol keyboard khususnya tombol-tombol warna yang diharapkan nantinya mereka dapat meggambar dengan cepat.

 

 

Rumusan dan Batasan Masalah

Masalah utama dalam web ini adalah bagaimana user dapat mengenal atau bagaimana pola – pola garis dan bagaimana cara mewarnai gambar secara rapih dan bagus.

 

 

 

Tujuan

Tujuan pembuatan “Web Drawing dan Painting” ini agar membantu bagi para pemilik komputer ber internet dapat mengajarkan ke anak anaknya secara mudah bagaimana cara menggambar dan mewarnai dengan mudah di internet.

 

 

BAB II

Manfaat Penilitian

Membantu mengenali warna – warna yang ada dan bagaimana cara menggambar pola – pola garis tersebut kepada user pemilik komputer ber-Internet

 

 

Metode Penelitian

Objek

Dalam proyek ini kami mengunjungi taman kanak-kanak  dan pengajar-pengajar taman kanak-kanak di Jakarta sebagai bahan observasi kami dalam percobaan akurat atau tidaknya web yang telah kami ciptakan ini 8 dari 10 anak dan 4 pengajar yang kami gunakan sebagai bahan observasi mencoba menggunakan web ini selama 2 bulan dan hasilnya mereka setuju bahwa dengan menggunakan “Drawing and Painting” mereka dapat lebih mudah mengetahui warna-warna gambar dan bagaimana cara menggambar suatu pola tersebut dan bagi pengajar lebih mudah mengajarkan kepada anak-anak TK.

 

BAB III

Kesimpulan

Web Drawing and Painting adalah salah satu web software, Bisa menjadi alternative lain selain software2 kelas tinggi seperti Photoshop dll. Walaupun ada beberapa kekurangan tetapi Web ini banyak disukai anak anak karena tampilan yang menarik dan mudah digunakan. Terutama dalam hal Drawing and Painting

 

 

 

 

 

 

.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar