Pengertian Cloud Computing

Posted: Januari 8, 2014 in Oktober

Cloud computing adalah suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan berbagai konsep komputasi yang melibatkan sebagian besar komputer yang terhubung melalui jaringan komunikasi real-time seperti Internet. Dalam ilmu, Cloud Computing adalah sinonim untuk komputasi terdistribusi melalui jaringan, dan berarti kemampuan untuk menjalankan sebuah program atau aplikasi pada banyak komputer yang terhubung pada waktu yang sama. Ungkapan ini juga lebih sering merujuk layanan berbasis jaringan, yang juga disediakan oleh hardware real server, dan real server disajikan oleh hardware virtual, simulasi oleh perangkat lunak yang berjalan pada satu mesin atau lebih. Virtual server tersebut tidak secara fisik ada dan karenanya dapat dipindahkan disekitarnya dan ditingkatkan  dengan cepat tanpa mempengaruhi pengguna akhir – bisa dibilang, bukan seperti awan.
Popularitas istilah dapat dikaitkan dengan penggunaannya dalam pemasaran untuk menjual layanan host dalam arti aplikasi layanan provisioning yang menjalankan perangkat lunak klien server pada lokasi terpencil.

Cloud computing mengandalkan berbagi sumber daya untuk mencapai koherensi dan skala ekonomi , mirip dengan utilitas  melalui jaringan. Pada dasarnya cloud computing adalah konsep yang lebih luas dari infrastruktur terkonvergensi dan layanan bersama. Sumber Cloud biasanya tidak hanya dimiliki oleh beberapa pengguna tetapi juga dinamis dialokasikan sesuai permintaan . Hal ini dapat bekerja untuk mengalokasikan sumber daya kepada pengguna . Sebagai contoh, fasilitas komputer cloud yang melayani pengguna Eropa selama jam kerja Eropa dengan aplikasi tertentu ( misalnya , email ) dapat mengalokasikan sumber daya yang sama untuk melayani pengguna di Amerika Utara selama Amerika Utara di jam kerja dengan aplikasi yang berbeda ( misalnya , web server ).

Para perusahaan juga mengklaim bahwa cloud computing memungkinkan  perusahaan  mendapatkan kinerja terbaik mereka dan berjalan lebih cepat , dengan peningkatan pengelolaan dan kurang pemeliharaan , dan memungkinkan TI untuk lebih cepat menyesuaikan sumber daya untuk memenuhi permintaan bisnis yang tak terduga.

 

sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Cloud_computing

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s