Ruang Lingkup Ekonomi

Posted: April 29, 2012 in Oktober

Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa. Istilah “ekonomi” sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu οἶκος (oikos) yang berarti “keluarga, rumah tangga” dan νόμος (nomos) yang berarti “peraturan, aturan, hukum“. Secara garis besar, ekonomi diartikan sebagai “aturan rumah tangga” atau “manajemen rumah tangga.” Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja.

 

 

Setiap manusia pasti memiliki kebutuhan yang berbeda beda untuk kebutuhan hidupnya. Karena banyaknya kebutuhan manusia sehingga muncul masalah ekonomi. Masalah ekonomi diantaranya

–     What yaitu menyangkut barang apa yang akan diproduksi, agar barang yang diproduksinya dapat diminati masyarakat dan memperoleh keuntungan yang banyak.

–   How yaitu berkaitan tentang bagaimana cara memproduksinya agar barang yang dihasilkan efisien.

–     Who menyangkut siapa yang akan mengkonsumsi. Hal ini harus dipikirkan sebelum memproduksi suatu barang atau jasa agar barang yang diproduksi dapat dikonsumsi oleh semua lapisan masyarakat dan sesuai dengan kondisi keuangannya masing-masing.

 

Agar perekonomian dapat berjalan sesuai dengan keinginan, oleh sebab itu dibentuklah sistem ekonomi. Sistem ekonomi yaitu suatu sistem yang digunakan oleh suatu Negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya kepada individu ataupun onrganisasi pada Negara tersebut. Adapun macam- macam sistem ekonomi diantaranya sistem ekonomi tradisional, sistem ekonomi pasar, sistem ekonomi komando, dan sistem ekonomi campuran.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s