Konflik Dalam Berorganisasi

Posted: November 19, 2011 in Resume Teori Organisasi Umum

   Konflik didalam organisasi adalah hal yang bisa, karena di dalam organisasi ketidak cocokan dalam berpendapat maupun bertukar pikaran sangat di butuhkan dalam berorganisasi. contoh konflik , yaitu Konflik antar Individu , hal ini merupakan konflik yang terjadi karena adanya ketidak samaan dalam berpendapat sesama individu di organisasi tersebut. Konflik antara Individu dengan kelompok, contohnya karena Individu tersebuk kalo dateng Rapat suka tidak tepat waktu, hal ini yang menyebabkan kelompok individu tersebut merasa terganggu dengan sifat dia yang tidak disiplin. Konflik antar organisasi, contoh konflik ini bisa nya terjadi kerena ada nya perbedaan pendapat antara OSIS dengan Ekskul di sekolah yang akan saling bekerjasama dalam Program kerja OSIS maupun Ekskul itu sendiri. 

Jenis konflik di bagi menjadi 4 yaitu :

  • Konflik Vertikal, di dalam organisasi yang terdiri dari beberapa sifat manusia yang berbeda dan menjadi satu dalam organisasi, nampaknya sulit menggabungkan pikiran yang berbeda menjadi satu. Perbedaan itu memungkinkan adanya Konflik Vertikal yang disebabkan karena dilatarbelakangi ada nya faktor Kekuasaan atau ‘Jabatan’.
  • Konflik Horizontal, Konflik Horizontal contohnya tauran antar sekolah, yang melatar belakangi ada nya Kekuasaan, kesalahpahaman.
  • Konflik garis-staff, contoh dari konflik ini adalah Pembina OSIS dengan Kepala Sekolah, yang tidak menumui kesepakatan dalam anggaran biaya program kerja OSIS.
  • Konflik Peran, Konflik ini karena seseorang yang berada di organisasi mengikuti organisasi lainnya.

     Sebenernya dalam organisasi diperlukan adanya saling keterbukaan antar Individu satu dan Individu lainnya, harus adanya Komunikasi yang baik di dalam organisasi, siperlukannya Sifat-sifat di dalam organisasi seperti Tegas, Bijaksana, Cekatan, dll.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s